Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Materi Komputer dan Jaringan Menggunakan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design Kelas X TKJ SMK Negeri 8 Padang
Kata Kunci:
Modul, Komputer dan Jaringan, Model PMIG, TKJAbstrak
Perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadi tonggak kemajuan pendidikan. Peran teknologi dalam pendidikan menjadi hal mendasar dalam kemajuan pendidikan itu sendiri. Karena keberagaman sumber maupun fasilitas yang diberikan sangat lah banyak. Pemanfaatan media menjadi salah satu opsi bagi pendidik sebagai alat dalam penyampaian, komunikasi, pemahaman, dan penalaran bagi siswa dalam proses belajar mengajar. Tenaga pendidik disamping memberikan dan menjelaskan konsep, teori, dan materi juga harus memberikan suasana dan model pembelajaran yang menarik bagi siswa. Karena situasi yang dibangun oleh guru dikelas akan menentukan keseluruhan pemahaman yang didapat oleh siswa tersebut. hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa telah dihasilakan modul mengenai komputer dan jaringan menggunakan model pembelajaran meaningful instructional design yang sangat valid. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata validitas sebesar 86%. Modul ini digunakan untuk proses pembelajaran di sekolah.Referensi
Nasution. (2005). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Depdiknas (2008:80). Panduan pengembangan Bahan ajar. Derektorat pembina sekolah menegah sekolah atas
Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.Bandung : Alfa Beta
Mulyasa, E. (2008). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Panduan menyusun Bahan Ajar berbasis kopentensi,Jakarta:PT.Elex media kopotindo
Sritresna, Teni (2015). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran meaningful Instructional Design (mid). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2015, 4.1: 38-47.
Widodo, C. S., & Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.