PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER BERBASIS WORD SQUARE UNTUK KELAS X SMK NEGERI 1 BATUSANGKAR

Penulis

  • Rahmat Fajar
  • Rini Widyastuti
  • Eril Syahmaidi

Kata Kunci:

Modul, Sistem Komputer, Word Square, SMK

Abstrak

Salah satu jurusan di SMK Negeri 1 Batusangkar, adalah Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Sistem Komputer merupakan salah satu mata pelajaran keahlian yang harus dikuasai oleh siswa, beberapa materi yang diajarkan yaitu : memahami bilangan biner, menganalisis relasi logika dasar, kombinasi dan sekuensial, menerapkan operasi logika aritmatik, menerapkan elektronika dasar. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan pada 26 Oktober 2019 di SMK Negeri 1 Batusangkar dengan bapak Dodis Saufitro S.Pd selaku guru pengampu mata pelajaran Sistem Komputer, mengemukakan bahwa mata pelajaran Sistem Komputer masih terpusat pada guru, dikarenakan belum adanya modul cetak sebagai pedoman peserta didik. Berdasarkan masalah yang tersebut, peneliti ingin mengembangan modul cetak pada mata pelajaran Sistem Komputer untuk menarik minat siswa, modul cetak yang dikembangkan memperhatikan kesesuaian materi dengan kurikulum 2013, sehingga diharapkan dapat merubah nilai siswa dalam mata pelajaran pemograman dasar untuk kelas X TKJ. hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa telah dikembangkan Modul Teori sistem komputer Untuk SMK N 1 Batusangkar yang valid, dibuktikan dengan nilai rata rata uji validitas sebesar 82,54% (Validator media) dan 85,06% (Validator materi) pada kategori valid.

Referensi

Daryanto. (2013). Menyusun Modul : Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta : PT. Gava Media.

Heriyanto,dkk.(2014),SistemKomputer.Jakarta:Yudhistira

Istarani, (2011). 58 model pembelajaran inovatif, Medan : Media Persada

Ristekdikti. 2017 “Bagian-bagian Modul”, diakses 18 Desember 2019.

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Penulis, 2015. Panduan Penulisan Skripsi, Padang: PTIK-FKIP Universitas Bung Hatta

Skirpsi

Ningsih, Eka Prihati. 2016. Pengembangan modul sistem komputer kelas X TKJ semester I SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo tumpang. Skripsi, jurusan teknik elektro, fakultas teknik, universitas negeri malang.

Saputra, B. Kristiawan Pratama 2017. “Pengembangan Modul Pembelajaran Gambar Teknik untuk Siswa Kelas X Jurusan Teknik Ketenagalistrikan di SMKN N 1 Magelang”. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-27