PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA MATA KULIAH SISTEM OPERASI UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN TENIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER UNIVERSITAS BUNG HATTA

Penulis

  • Taufik Zulfiandra
  • Riska Amelia
  • Ashabul Khairi

Kata Kunci:

Game Edukasi, Adobe Flash, Sistem Operasi, PTIK

Abstrak

Perkembangan teknologi menuntut bahwa harus berkembangnya teknik, metode atau cara proses belajar mengajar yang baik dan praktis dimana di dalam proses pembelajaran tersebut bisa memakai sebuah media pembelajaran berbasis digital (multimedia) dalam proses pembelajaran. Multimedia memiliki potensi besar dalam merubah cara seseorang untuk belajar, untuk memperoleh informasi dan sebagainya. Multimedia juga menyediakan peluang bagi pendidik untuk mengembangkan teknik pembelajaran sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Demikian juga bagi mahasiswa, dengan multimedia diharapkan mereka akan lebih mudah untuk menentukan dengan apa dan bagaimana dapat menyerap informasi secara cepat dan efisien. Oleh karena itu kehadiran multimedia dalam proses belajar menjadi sangat bermanfaat. Dalam pembelajaran Sistem Operasi, dosen diharapkan mampu untuk menarik perhatian mahasiswa agar senang dalam belajar. Dengan menggunakan game edukasi pada proses penyampaian materinya akan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik. hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa hasil Pengembangan Game Edukasi Menggunakan Adobe Flash Pada Mata Kuliah Sistem Operasi untuk Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Bung Hatta adalah sangat baik karena telah memenuhi kriteria sangat baik dengan nilai rata-rata 91,38%.

Referensi

Hernita (2013). Membuat Game Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6. Yogyakarta: Penerbit CV.ANDI OFFICED.

Nurchaili (2016). Menumbuhkan Budaya Literasi Melalui Buku Digital. Jurnal Abdimas Dewantara.

Nurhasanah, Teti. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Game edukasi Mengunakan Maromedia flash 8 Pada Mata Kuliah Pengembangan Berbasis Objekdi di Prodi PTIK. Skripsi S1. Padang : Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer FKIP UBH.

Ridwan Arif Rahman, Dewi Tresnawati (2016). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma.

Rochmad (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika.

Sugiyono (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Wawan Saputra, Bambang Eka Purnama (2012). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Kuliah Organisasi Komputer. Jurnal Speed.

Yusnimar (2014). E-Book dan Pengguna Perpustakaan Perguruan Tinggi di Jakarta. Jurnal Abdimas Dewantara.

http://www.ishaqmadeamin.com/2012/12/model-pengembangan-four-d.html (Diakses Pada Tanggal 17 Desember 2019)

http://idhaxtkj.blogspot.com/2012/11/instalasi-sistem-operasi.html

(Diakses Pada Tanggal 27 November 2019)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-27