Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Gender Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Laboratorium UNP

Penulis

  • Atikah Suri Mayanda Universitas Bung Hatta
  • Edrizon Universitas Bung Hatta
  • Fauziah Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

kesalahan, gender, siswa laki-laki, siswa perempuan

Abstrak

Pada penelitian ini yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium UNP. Jenis data yang digunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Isntrumen yang digunakan tes tertulis dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan oleh siswa laki-laki pada kesalahan konsep sebesar 38,36%, kesalahan prinsip sebesar 45,20%, dan kesalahan prosedural sebesar 16,44%. Sedangkan kesalahan yang dilakukan oleh siswa perempuan pada kesalahan konsep sebesar 30,86%, kesalahan prinsip 39,51% dan kesalahan prosedural sebesar 29,63%.

Referensi

Rasiman. 2015. Leaving of students critical ability in solving mathematics problem based on gender differences. International Journal of Education an Research, 3, 307-318.

Wijaya, A. &Masriyah. 2013. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakna Soal Cerita Materi SPLDV. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 2. No. 1.

Salido, Ahmad., dkk. 2017. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Materi Pokok Limit Fungsi Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1),1-13.

Mulia, Ana. Edrizon. Niniwati. 2015. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 5. No 1.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-27