ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA KELAS VIII SMPN 12 PADANG

Penulis

  • Desmita Sari Tanjung Universitas Bung Hatta
  • Susi Herawati Universitas Bung Hatta
  • Niniwati Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

pemahaman konsep, kemampuan metakognisi

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari kemampuan metakognisi siswa kelas VIII. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-2. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes tertulis, angket, dan wawancara. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika dengan tingkat kemampuan metakognisi tinggi sebanyak 12% dapat memenuhi semua indikator pemahaman konsep matematika. Kemampuan pemahaman konsep matematika dengan tingkat kemampuan metakognisi sedang sebanyak 72% cukup dapat memenuhi indikator pemahaman konsep matematika. Kemampuan pemahaman konsep matematika dengan tingkat kemampuan metakognisi rendah sebanyak 16% tidak dapat memenuhi semua indikator pemahaman konsep matematika.

Referensi

Mulyadi, Seto dkk. 2017. Psikologi Pendidikan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Khairudin, 2020. “Kemampuan Awal Kalkulus Mahasiswa Pendidikan Matematika”. jurnal pendidikan matematika FKIP universitas Bung Hatta, vol. 18, No. 1, Juni 2020. Hal. 50-60.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Hanifa, dan Agung Prasetyo Abadi. 2018. “Analisis Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Teori Grup”. Jurnal Pendidikan Matematika IKIP Veteran Semarang. Volume 2, Nomor 2, 2018, pp. 235-244.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-27