ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KONEKSI MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 18 PADANG

Penulis

  • Chindy Oktari Henvi Universitas Bung Hatta
  • Niniwati Universitas Bung Hatta
  • Fauziah Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

kemampuan koneksi matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa ditinjau dari koneksi matematika siswa kelsa VII. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang berjumlah 23 orang siswa. Instrumen penelitian yang dikemabangkan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah berupa tes. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa kemampuan koneksi matematika siswa kelas VII di SMPN 18 Padang tergolong sedang, terlihat pada kemampuan siswa dalam penguasaan indikator, siswa hanya mampu menguasai 3 sampai 4 indikator koneksi matematika. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memahami kelemahan dan kekuatan masing-masing indikator siswa, karena setiap siswa memiliki kemampuan koneksi matematika yang berbeda-beda.

Referensi

Alyusfitri &Wahyuni. 2017. “Analisis Diagnosa Kesulitan Belajar Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika II. Jurnal Pendidikan Matematika 8(2): 145-154.

Nurafni & Pujiastuti. 2019. “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Self Confidance Siswa: Studi Kasus di SMKN 4 Pandeglang”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 2(1): 27-33.

Lestari, Indah. 2015. “Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika”. Jurnal Formatif 3(2): 115-125.

Kenedi, dkk. 2018. “Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Matematika”. Jurnal Numeracy 5(2): 226-235

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-27