PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA (MATHEMATICS ANXIETY) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 25 PADANG

Penulis

  • Tiana Putri Universitas Bung Hatta
  • Khairudin Universitas Bung Hatta
  • Yusri Wahyuni Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

kecemasan matematika (Mathematics Anxiety), hasil belajar, matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket yang diperoleh dari angket kecemasan matematika dan nilai hasil belajar matematika siswa diperoleh dari nilai ujian semester ganjil matematika siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 25 Padang yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien korelasi bertanda negatif yaitu r =-0,006 selanjutnya koefisien determinasi diperoleh hanya sebesar 0,0036% dan untuk thitung < ttabel dengan thitung = -0,033 dan ttabel = 1,70 dan taraf α=0.05 sehingga H0 diterima. Maka disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan matematika (Mathematics Anxiety) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 25 Padang. Pada hasil penelitian ini didapatkan bahwa siswa yang memiliki tingkat kecemasan rendah sebanyak 12,5%, siswa yang memiliki tingkat kecemasan sedang sebanyak 71,9%, dan siswa yang memiliki tingkat kecemasan yang tinggi sebanyak 15,6%.

Referensi

Daradjat, Zakiyah. 2016. Kesehatan Mental. Jakarta: PT Gunung Agung

Freedman, Ellen. 2006. Do you Have Mathematics Anxiety ? A Self Test

Anita, Ika Wahyu. 2014. Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika Stkip Siliwangi Bandung, Vol 3.Nol.

Putri, W. E., & Zuzano, F. 2013. Pengaruh Kepercayaan Diri Siswa Dalam Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Tilatang Kamang. Abstract of Undergraduate, Faculty of Education, Bung Hatta University, 2(1).

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-27