ANALISIS KESALAHAN SISWA MENURUT KASTOLAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 4 PADANG

Penulis

  • Rini Desvina Universitas Bung Hatta
  • Fauziah Universitas Bung Hatta
  • Yusri Wahyuni Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

kesalahan, soal bentuk Aljabar, Kastolan

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Selain itu nilai ulangan harian siswa kelas VII SMPN 4 Padang masih banyak yang dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII SMPN 4 Padang dalam menyelesaikan soal bentuk Aljabar menurut Kastolan dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas VII SMPN 4 Padang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, Pengambilan sampel didasarkan pada teknik purposive sampling dengan subjek penelitian yaitu kelas VII SMPN 4 Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan jumlah kesalahan yang dilakukan siswa dengan sampel 21 siswa adalah jumlah kesalahan konseptual sebesar 20%, kesalahan prosedural 28%, kesalahan teknik 52%.

Referensi

Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Raharti, A. D., & Yunianta, T. N. H. (2020). Identifikasi Kesalahan Matematika Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Kastolan. Journal of Honai Math, 3(1), 77-100.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Daswarman, D. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Prosedur Newman. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 4(1), 73-80.

Putri,W. E., & Zuzano , F. 2013. Pengaruh Kepercayaan Diri Siswa Dalam Belajar Matematika Siswa Kelas Vii SMPN 1 Tilatang Kamang. Abstract Of Undergraduated , Faculty Education, Bung Hatta University,2(1)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-27