ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X IPA SMAN 1 CANDUNG
Kata Kunci:
pemahaman konsepAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa masih rendahnya pemahaman konsep siswa terhadap materi pelajaran matematika. Selain itu hasil ujian tengah semester matematika siswa masih banyak kurang dari nilai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas X IPA SMAN 1 Candung. Penelitian ini difokuskan pada empat indikator yaitu: (1) menyatakan ulang sebuah konsep; (2) mengklarifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu; (3) menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis; (4) mengaplikasikan konsep atau algoritma ke pemecahan masalah. Adapun pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas X IPA SMAN 1 Candung. Hasil penelitian menunjukan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa secara keseluruhan memiliki persentase 60.62% dengan kategori cukup. Dengan pembagian kelompok yaitu kelompok tinggi mencapai 75% termasuk kategori baik, kelompok sedang mencapai 61.875% termasuk kategori cukup, dan kelompok rendah mencapai 39.875% termasuk kategori sangat kurang.Referensi
Mawaddah, S., & Maryanti, R. 2016. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). Edu-Mat: Jurnal Pendididkan Matematika, 4(1).
Suherman, E. Dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. Bandung: JICA-UPI.
Khairudin, K., & Niniwati, N. (2020). Pelatihan Menganalisis dan Menyelesaikan Soal Matematika Berorientasi Higher Order Thingking Skills (HOTS) bagi Guru SMA Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 443-450.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: Alfaeta.
##submission.downloads##
Diterbitkan
2020-10-27
Terbitan
Bagian
Executive Summery