ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA SMPN 3 IV KOTO AUR MALINTANG

Penulis

  • Vina Afridela Universitas Bung Hatta
  • Niniwati Universitas Bung Hatta
  • Puspa Amelia Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

kepercayaan diri (self confidence), berfikiran positif, pelajaran matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self confidence siswa SMPN 3 IV Koto Aur Malintang. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 IV Koto Aur Malintang yang berjumlah 15 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes, angket dan wawancara. Data hasil penelitian menunjukan bahwa self confidence siswa kelas VIII SMPN 3 IV Koto Aur Malintang terbagi menjadi tiga, yaitu tinggi, sedang dan rendah. Siswa dengan tingkat self confidence tinggi mampu memenuhi keempat indikator pemecahan masalah. Siswa dengan tingkat self confidence sedang hanya mampu memenuhi indikator 1 dan 2. Siswa dengan tingkat self confidence rendah tidak mampu memenuhi keempat indikator. Oleh karena itu diharapkan siswa dapat meningkatkan kepercayaan diri (self confidence) yang dimiliki, seperti selalu berfikiran positif terhadap diri sendiri bahwa kita mampu dan bisa untuk menyelesaikan segala persoalan dalam pelajaran matematika.

Referensi

Ika, Nurfadila & fauziah. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Model Kolb di Kelas X MIPA SMAN 5 Solok Selatan. Skripsi. Padang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta.

Purnama, S & Mertika. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Self Confidence. Jurnal Of Educational Review And Research. Vol. 1, No. 2.

Ramdan, M.Z. 2018. Analisis Self Confidence Terhadapa Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro. Vol7, No.2.

Febriana, Evilia. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjua Dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI Pada Materi Program Linear. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-27