.“Pengembangan Media Interaktif Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Macromedia Flash 8 Untuk Kelas V Sekolah Dasarâ€.
Abstrak
PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media interaktif pembelajaran IPA dengan menggunakan macromedia flash 8 pada materi suhu dan kalor untuk siswa kelas V Sekolah Dasar, yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 3-D yaitu define, design dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi (ahli desain, ahli materi, dan ahli bahasa). Media interaktif pembelajaran IPA dengan menggunakan macromedia flash 8 di validasi oleh 3 orang dosen ahli media desain, ahli materi, dan ahli bahasa Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi pengembangan media interaktif pembelajaran IPA dengan menggunakan macromedia flash 8 oleh dosen ahli desain memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 96,66%, ahli media 88,33% dengan kriteria valid, dan ahli bahasa 83,5% juga kriteria valid. Dapat disimpulkan bahwa media interaktif pembelajaran IPA dengan menggunakan macromedia flash 8 memenuhi kriteria valid dengan presentase 89,49% dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran IPA di kelas V sekolah dasar. Kata Kunci : pengembangan, media interaktif pembelajaran IPA, macromedia flash 8.Referensi
REFERENCES
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64
Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470
Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58
Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.
Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132
Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66
Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.
Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.