“Development Of Word Square Based Social Studies Learning Modules In Grade IV SD”

Penulis

  • RAISA NURUL HANDAYANI Universitas Bung Hatta
  • M. Tamrin Universitas Bung Hatta
  • Syafni Sari Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS WORD SQUARE PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR Raisa Nurul Handayani1, M.Tamrin1, Sari Gustina Sari1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : raisahandayani599@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPS berbasis Word Square untuk kelas IV SD Tema 4 berbagai pekerjaan yang valid. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development). Modul pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan model 4-D. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan uji coba dan validasi modul pembelajaran IPS berbasis Word Square untuk kelas IV SD Tema 4 berbagai pekerjaan yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah di desain divalidasi oleh tiga orang ahli . hasil penelitian diketahui bahwa modul pembelajaran IPS berbasis Word Square untuk kelas IV SD Tema 4 berbagai pekerjaan ini berada pada kategori valid dengan persentase nilai 91% untuk kevalidan aspek kelayakan isi, komponen kebahasaan, dan komponen desain. Kata Kunci : Modul, Pembelajaran, Word Square, Pengembangan

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05