KONTRIBUSI MINAT BACA DAN PENGETAHUAN TATA BAHASA INDONESIA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SOLOK SELATAN

Penulis

  • Yedraniarti
  • Yetty Morelent
  • Hendra Hidayat

Kata Kunci:

Kontribusi minta baca pengetahuan bahasa Indonesia

Abstrak

Pada penelitian ini lebih ditekankan pada membaca dan menulis. Kebiasaan membaca seseorang dapat memengaruhi kemampuannya dalam menyusun tulisan. Berkaitan dengan minat baca, dewasa ini pemerintah menggalakkan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Data tes PISA tahun 2018 menyimpulkan bahwa kemampuan membaca siswa Indonesia berada dalam kelompok masih kurang. Data survey di atas diperkuat dengan laporan petugas perpustakaan SMA Negeri 1 Solok Selatan bahwa minat membaca siswa masih sangat memprihatinkan. Kurangnya kompetensi keterampilan menulis peserta didik disebabkan oleh beberapa faktor yaitu siswa kurang memahami konsep dan struktur teks eksposisi, terbatasnya wawasan gagasan karena kurangnya minat baca, dan kurang memahami struktur kalimat yang efektif dan efisien akibat dari tidak memahami kebahasaan dalam suatu teks sebagai bagian ilmu tata bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) kontribusi minat baca terhadap keterampilan menulis teks eksposisi; (2) kontribusi pengetahuan tata bahasa Indonesia terhadap keterampilan menulis teks eksposisi; dan (3) kontribusi minat baca dan pengetahuan tata bahasa Indonesia terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Solok Selatan. Hasil analisis ini diperkuat oleh Dalman (2016:119) bahwa sebuah tulisan eksposisi ialah salah satu jenis tulisan yang membutuhkan pengetahuan penulis yang didapat dari kajian pustaka. Selanjutnya Dalman, (2014: 5), bahwa seseorang yang memiliki minat baca adalah orang yang mempunyai wawasan yang luas.

Referensi

Dalman, H. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

---------. 2016. Keterampilan Manulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2016a. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Widiyanto, Mikha Agus. 2013. Statistik Terapan Konsep & Aplikasi SPSS Studi Kasus: Pendidikan, Psikologi & Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kompas Gramedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-29