PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER LESSONS SISWA KELAS V SD NEGERI 18 SUNGAI LIMAU
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional. Guru hanya menjelaskan materi pada buku dan meminta siswa untuk menjawab pertanyaannya. Selain itu guru kurang memancing semangat siswa untuk melakukan aktivitas dalam belajar misalnya adalah aktivitas belajar dalam memperhatikan penjelasan guru Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran dan lembar tes hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian disimpulkan aktivitas siswa siklus I dalam menyampaikan materi kepada kelompok lain  49,99%, bertanya 47,72%, mengemukakan pendapat 52,27%, melihat demonstrasi 79,22%, membuat gambar 70,22%. Siklus II aktivitas siswa menyampaikan materi kepada kelompok lain 84,66%,  bertanya 84,04%,  mengemukakan pendapat 86,36%, melihat demonstrasi 90,90%, membuat gambar 93,37%. Rata-rata hasil belajar siklus I adalah 64,32%, tingkat ketuntasan 40,90%, dan rata-rata hasil belajar siklus II adalah 79,71% dengan ketuntasan 82,35%. Ini berarti proses pelaksanaan pembelajaran IPA dengan strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons berlangsung dengan baik. Dari analisis hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa strategi peer lessons dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.
Â
Kata kunci : Aktivitas, Peer Lessons, Pembelajaran IPA.