PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBASIS KONSTRUKTIVIS UNTUK SISWA KELAS VII SMP

Penulis

  • Marcelinus Salamao Universitas Bung Hatta
  • Edrizon Universitas Bung Hatta
  • Niniwati Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

media belajar matematika, aplikasi andorid, himpunan

Abstrak

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D). Pada penelitian ini peneliti menggunakan 5 tahapan pengembangan yaitu tahap konsep, tahap perencanaan, tahap pengumpulan materi, tahap pembuatan, dan tahap uji. Hasil validasi yang diperoleh dari validator yaitu rata-rata skor adalah 88,89% dengan kriteria valid dan hasil analisis angket uji coba praktikalitas oleh siswa yaitu rata-rata skor adalah 95% dengan kriteria sangat praktis. Peneliti menembangkan pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis konstruktivis dalam bentuk aplikasi android untuk siswa kelas VII SMP.

Referensi

Ariesto Hadi, Sutopo.2003. Multimedia Interaktif Dengan Flash. Yogyakarta: PT Graha Ilmu

Depdiknas. 2010. Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sugiono. 2012. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rostina. 2014. Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Bandung: Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-02