ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAAN PADA KELAS XI IIS SMA PEMBANGUNAN LABORATORIUM UNP PADANG

Penulis

  • Fauziah Mutia Yendri Universitas Bung Hatta
  • Susi Herawati Universitas Bung Hatta
  • Yusri Wahyuni Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

kesalahan konsep, menyebabkan kesalahan

Abstrak

Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan subjek yaitu siswa kelas XI IIS 1 Sma Pembangunan Laboratorium UNP Padang yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil ulangan siswa dan wawancara. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah hasil ulangan siswa dan pedoman wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa yaitu kesalahan menuliskan jawaban akhir dengan persentase sebesar 47,4%. Sedangkan persentase 2 kesalahan yang digunakan pada penelitian ini seperti kesalahan transformasi adalah 13,1% dan kesalahan keterampilan proses adalah 39,5%. Kesalahan yang dilakukan siswa, terdiri dari : siswa mengerti konteks kalimat soal tetapi siswa tidak dapat menuliskan makna secara tepat, tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanya, menuliskan yang diketahuidan ditanya tidak sesuai dengan permintaan soal, kesalahan dalam komputasi, kesalahan konsep, menuliskan jawaban akhir yang tidak sesuai dengan konteks soal. Faktor internal yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan yaitu bakat siswa yang masih rendah, kebiasaan siswa yang tidak mengulang pelajaran matematika, dan sikap siswa yang kurang perhatian terhadap pelajaran matematika. Sedangkan, Faktor eksternal yang menyebabkan kesalahan siswa adalah pengaruh teman sehingga siswa tidak fokus belajar dan jadwal belajar matematika siswa yang menjelang siang membuat siswa mengantuk dan tidak fokus belajar.

Referensi

Daswarman, D. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Prosedur Newman. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 4(1), 73-80.

Alyusfitri, R., & Wahyuni, Y. (2017). Analisis Diagnostik Kesulitan Belajar Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika II. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 145-154.

Oktaviana, D. 2017. Analisis tipe kesalahan berdasarkan teori newman dalam menyelesaikan soal cerita pada mata kuliah matematika diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 5(2), 22-32.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-02