PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 5 PADANG

Penulis

  • Dini Khairani Zaid Universitas Bung Hatta
  • Susi Herawati Universitas Bung Hatta
  • Fazri Zuzano Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

Time Token, Hasil Belajar

Abstrak

Latar belakang dari penelitian ini ialah oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa, diantaranya kurangnya motivasi dan kemampuan berkomunikasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran matematika. Proses pembelajaran hanya didominasi oleh siswa yang berkemampuan tinggi saja. Siswa yang memiliki kemampuan rendah hanya diam saja, tidak bertanya kepada temannya maupun kepada guru. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token pada pembelajaran matematika siswa kelas VII SMPN 5 Padang.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan populasi semua siswa kelas VII SMPN 5 Padang. Pengambilan kelas sampel dilakukan secara acak, sehingga didapatkan kelas sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII.5 sebagai kelas kontrol.Berdasarkan data hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel, setelah dilakukan uji hipotesis dengan mengunakan rumus t-tes, diperoleh t_hitung= 3,92 dan t_((0,95;56))= 1,6705, maka t_hitung>t_((0,95;56))dan artinya H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token lebih baik dari yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa di kelas VII SMPN 5 Padang. Dari hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru matematika menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token pada pembelajaran matematika sebagai salah satu usaha untuk menjadikan pembelajaran menjadi lebih aktif dan dapat menjadikan hasil belajar siswa menjadi lebih baik.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-02