ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DI KELAS VIII SMPN 5 PAYAKUMBUH
Kata Kunci:
pemecahan masalahAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang terbilang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan taksonomi SOLO di kelas VIII SMPN 5 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMPN N 5 Payakumbuh. Berdasarkan hasil angket validasi soal tes oleh validator ahli diperoleh nilai rata – rata kevalidan 3.5 dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil soal tes kemampuan pemecahan masalah berdasarkan taksonomi SOLO diperoleh 42% siswa sudah mampu mencapai level unistruktural, 36% sudah mampu mencapai level multistruktural, 17% sudah mampu mencapai level relasional dan 5% siswa mampu mencapai level abstrak diperluasReferensi
Ika, Nurfadila. fauziah. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Model Kolb di Kelas X MIPA SMAN 5 Solok Selatan. Skripsi.Padang : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta.
Nafiah, Siti. 2016. “Bepikir Aljabar Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Berdasarkan Taksonomi SOLO Ditinjau Dari Kemampuan Matematika”. Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol.1, No. 2, Hal : 171- 182
Pesona, Rian Ika, dkk. 2018. “Deskripsi Kemampuan Matematika Siswa dalam Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan taksonomi SOLO”. Genta Mulia, Vol. IX, No 1, Hal. 99-100.
##submission.downloads##
Diterbitkan
2020-11-02
Terbitan
Bagian
Executive Summery