ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENEYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI LANGKAH POLYA DI KELAS VIII SMP NEGERI 29 PADANG

Penulis

  • Sherly Novela Universitas Bung Hatta
  • Khairudin Universitas Bung Hatta
  • Edrizon Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

pemecahan masalah matematika, teori polya

Abstrak

Pada penelitian ini yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMP Negeri 29 Padang. Jenis data yang digunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen yang digunakan tes tertulis dan wawacara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan oleh siswa pada menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika berdasarkan teori polya banyak kesalahan yang dilakukan siswa terdapat pada kategori memahami masalah dan pengecekkan kembali.

Referensi

Ika, Nurfadila. fauziah. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Model Kolb di Kelas X MIPA SMAN 5 Solok Selatan. Skripsi.Padang : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta.

Suherman, E. 2003.Strategi Pembelajaran Matematika Kotemporer. UPI: Bandung. Tasman,Fridgo.2016.Analisis Kesalahan Transformasi Soal Pad aKemampuan Representasi Matematis Secara Simbolik. Jurnal Eksakta. Vol 2 Tahun XVII Juli 2016. ISSN 1411-3724

Shofia Hidayah (2016) yang berjudul “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya” .

Annisa Sulistyaningsih (2017) dengan judul “Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastalon dalam Pemecahan Masalah Matematika”.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-02