PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SEMESTER 1 SMP NEGERI 23 PADANG
Kata Kunci:
Instrumen, Keterampilan Berpikir Tingkat TinggiAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi kurang mampunya siswa dalam mengerjakan soal yang bertipe HOTS (Higher Order Thinking Skill). Siswa hanya bisa mengerjakan soal HOTS jika didampingi oleh guru. Apabila siswa mengerjakan sendiri siswa kurang mampu mengerjakannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D). pada penelitian ini peneliti menggunakan 4 tahapan pengembangan yaitu potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk dan validasi desain Hasil validasi yang diperoleh dari validator yaitu rata-rata skor adalah 74,66% dengan kriteria valid. Peneliti mengembangkan pengembangan instrumen asesmen HOTS (Higher Order Thingking Skill) matematika kelas VII Semester 1 SMP Negeri 23 Padang. Media pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan langkah-langkah pengembangan menurut Sugyono dengan melibatkan langkah penyusunan soal HOTS. Pengembangan tes ini terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal essay.Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Setyosari, p. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wahyuni, Sri. 2017. Pengembangan Sistem Uji Berdasarkan Persamaan Linier Dua Variabel Taksonomi Revisi Bloom To Mengukur Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VII SMPN Sungguminasa Gowa. Jurnal Daya Matematis, 5(1): 129 – 152
Mahmudi, A. 2010. Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis. Makalah Disajikan Pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta, 17 April 2010
##submission.downloads##
Diterbitkan
2020-11-02
Terbitan
Bagian
Executive Summery