PENGEMBANGAN ALUR BELAJAR(LEARNING TRAJECTORY) KONSEP VOLUM BANGUN RUANG PRISMA UNTUK SISWA KELAS VIII MTsM 1 PANGKALAN

Penulis

  • Ike Monica Universitas Bung Hatta
  • Khairudin Universitas Bung Hatta
  • Niniwati Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

kesulitan siswa, memahami konsep, volum bangun ruang prisma

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi dari kesulitan siswa untuk memahami konsep volum bangun ruang prisma. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah alur belajar yang valid dan praktis Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu : i.) Fase (preliminary research), ii.) development or prototyping phase dan iii.) assessment phase. hasil validasi dari ahli diperoleh hasil bahwa alur belajar ini adalah valid dengan rata-rata kevalidan 87,50%. Sedangkan hasil angket kepraktisan siswa diperoleh rata-rata kepraktisan 98,33% dengan kriteria sangat praktis.

Referensi

Fuadiah, N. F.(2017). Hypothtetical Learning Trajectory Pada Pembelajaran Bilangan Negative Berdasarkan Teori Situasi Didaktis Di Sekolah Menengah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 13-24.

Khairudin, Ahmad Fauzan, Armiati, Karmila Suryani.(2020).Developing Hypothetical Learning Trajectory for Green’s Theorem. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(10s), 1300-1309.

Plomp, T & Nieveen, N.(2013). Educational Desaign Research. Part A. An Introduction. SL. Netherlands Institute for Curriculum Development.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-02