"development of smart tree learning media on the material of summation of sports sub-themas inFirst grade elementary schools”

Penulis

  • CITRA LEFFEGA Universitas Bung Hatta
  • Zulfa Amrina Universitas Bung Hatta
  • Syafni Sari Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POHON PINTAR PADA MATERI PENJUMLAHAN SUBTEMA GEMAR BEROLAHRAGAPADA KELAS I SDN 52 PARUPUK TABINGCitra Leffega1,Zulfa Amrina1, Syafni Gustina Sari11Program Studi Pendidikan Guru Sekolah DasarFakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Bung Hattae-mail:citraleffega04@gmail.comABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaranPohon pintarpada Materi Penjumlahan Subtema Gemar Berolahraga Pada Kelas I SDN 52 Parupuk Tabing memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitin ini adalah penelitian pengembangan, model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate tetapi padapenelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan) dikarenakan keterbatasan waktu. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan materi penjumlahan. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada prosesvalidasi, media divalidasi oleh satu orang ahli materi dan satu orang ahli media. Pada proses praktikalitas, media diujicobakan kepada 21 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media pembelajaran Pohon Pintar pada materi penjumlahan subtema gemar berolahraga pada kelas I SD pada validasi materi memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 91%, dan memenuhi kriteria valid dengan persentase 85,5% pada validasi media. Media Pohon Pintaryang telah dikembangkan dikategorikan praktis oleh gurudengan rata-rata persentase 86,6% dan dikategorikan sangat praktis oleh peserta didik dengan persentase 95,4%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Pohon Pintarpada materi penjumlahan subtema gemar berolahraga pada kelas I SD valid dan praktis sehingga dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran. Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran matematika, pohon pintar

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

Pratiwi, Riza Rahman.dkk. “Upaya Peningkatan Keatifan Belajar Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantu Pohon Pintar”, Jurnal Tata Aeta, Vol,2,no1, Desember 2016

Syahmaidi, E. dan Hidayat, H. (2016). Praktikalitas Perancangan Media E-Learning Berbasis Video. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 5(2), 87-97.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05