ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF KELAS VII SMP DI PEKANBARU

Penulis

  • Aupa Wahyuni Universitas Bung Hatta
  • Syukma Netti Universitas Bung Hatta
  • Puspa Amelia Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan gaya kognitif siswa SMP dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau berdasarkan gaya kogntif siswa. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP di wilayah Panam Pekanbaru. Pengambilan data dengan jumlah subjek 13 orang siswa. Instrumen penelitian berupa tes GEFT untuk gaya kognitif, tes kemampuan pemecahan masalah siswa, dan tes wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 13 orang siswa yang berada dilingkungan tempat tinggal penulis yaitu di wilayah Panam Pekanbaru diperoleh 8 siswa tergolong bergaya kognitif Field Dependent (FD) dan 5 siswa tergolong bergaya kognitif Field Independent (FI).

Referensi

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Witkin, H.A, Oltman, P. K Raskin, E. 1971. Manual Embedded Figures Test, Children Embedded Figures Test,Group Embedded Figures Test. Consulting Psychology Press, Inc. California

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-03