PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DI KELAS VI SDN 19 PASAR AMBACANG

Penulis

  • Mutia Ayunda Putri
  • Pebriyenni .
  • Elfa Arifin

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran. Terlihat ketika guru menerangkan pelajaran, masih ada beberapa orang siswa yang tidak memperhatikan, ketika guru memberikan kesempatan untuk siswa bertanya, semua siswa hanya diam. Dalam mengerjakan latihan siswa kurang kerja sama dengan teman sebangku. Kemudian siswa bercanda gurau, dan keluar masuk ketika guru menjelaskan pelajaran dan juga terlihat siswa yang masih pasif dalam belajar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran GI. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  yang dilakukan dengan dua siklus yaitu 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 19 Pasar Ambacang yang berjumlah 22 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru dan catatan lapangan.

Berdasarkan hasil penelitian siklus I diperoleh rata-rata persentase 54,55% untuk indikator berdiskusi, 43,18% mengemukakan pendapat dan 47,73% membuat rangkuman serta rata-rata persentase aktivitas siswa siklus I 48,49%, siklus II rata-rata persentase adalah 79,54% untuk indikator berdiskusi, 75,77% mengemukakan pendapat 74,99% membuat rangkuman serta rata-rata persentase aktivitas siswa siklus II 76,69%. Berarti pembelajaran IPS melalui Model GI berlangsung dengan baik. Dapat disimpulkan meningkatnya aktivitas siswa pada pembelajaran IPS melalui Model GI.

 

Kata Kunci: IPS, Aktivitas, Group Investigation

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-14