"The Effect of Problem Based Learning Science Learning Modules for Class IV Students Theme 6 SDN 30 Lubuk Lintah"

Penulis

  • Lisa Fitri Universitas Bung Hatta
  • Rona Sari Universitas Bung Hatta
  • Syafni Sari Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV TEMA 6 SDN 30 LUBUK LINTAH LisavFitri 1 1 , Rona Taula Sari 1 , Syafni Gustina Sari 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : lisafitri1998@gmail.com Abstrack Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA untuk kelas IV Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan) dikarenakan keterbatasan waktu. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan materi Cita-citaku. Instrumen penelitian meliputi lembar validitas dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada proses validasi, Modul divalidasi oleh 1 orang ahli bahasa dan 1 orang ahli media. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA untuk kelas IV SD dihasilkan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 92,1. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA untuk kelas IV SD sangat valid digunakan sebagai salah satu bahan pembelajaran. Kata kunci : Modul, IPA, PBL

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05