PROFIL TINGKAT KOGNITIF SISWA KELAS XII PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN TEORI VAN HIELE
Kata Kunci:
Teori berpikir Van HieleAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kognitif siswa kelas XII pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan teori Van Hiele. Tingkat kognitif siswa yang disimpulkan berdasarkan tes kemampuan geometri dan wawancara. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII. Pengambilan data dengan jumlah subjek 3 orang siswa. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan geometri siswa dan wawancara berdasarkan hasil kerja tes kemampuan geometri. Hasil penelitian ini ditemukan terdapat 3 level siswa berdasarkan teori Van Hiele yaitu level Visualisasi (Pengenalan), level deduksi informal (Pengurutan) dan level deduksi (Formal).Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara
Moleong, Lexy. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ratumanan, Tanwey Gerson dan Theresia Laurens. 2006.
Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Unesa University Press.
Slameto.2010.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: RenakaCipta.
TIM FKIP. 2018. Pedoman Penulisan Proposal dan Laporan Skripsi. Padang: FKIP Universitas Bung Hatta.
Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods).Bandung :Alfabeta
##submission.downloads##
Diterbitkan
2020-11-05
Terbitan
Bagian
Executive Summery