PROFIL TINGKAT KOGNITIF SISWA KELAS XII PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN TEORI VAN HIELE

Penulis

  • Brosel irfandi Universitas Bung Hatta
  • Syukma Netti Universitas Bung Hatta
  • Puspa Amelia Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

Teori berpikir Van Hiele

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kognitif siswa kelas XII pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan teori Van Hiele. Tingkat kognitif siswa yang disimpulkan berdasarkan tes kemampuan geometri dan wawancara. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII. Pengambilan data dengan jumlah subjek 3 orang siswa. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan geometri siswa dan wawancara berdasarkan hasil kerja tes kemampuan geometri. Hasil penelitian ini ditemukan terdapat 3 level siswa berdasarkan teori Van Hiele yaitu level Visualisasi (Pengenalan), level deduksi informal (Pengurutan) dan level deduksi (Formal).

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara

Moleong, Lexy. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ratumanan, Tanwey Gerson dan Theresia Laurens. 2006.

Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Unesa University Press.

Slameto.2010.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: RenakaCipta.

TIM FKIP. 2018. Pedoman Penulisan Proposal dan Laporan Skripsi. Padang: FKIP Universitas Bung Hatta.

Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods).Bandung :Alfabeta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-05