PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP DI KOTA PADANG

Penulis

  • Merry Iliana Universitas Bung Hatta
  • Fazri Zuzano Universitas Bung Hatta
  • Syukma Netti Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

Instrumen, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Abstrak

Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP di kota Padang tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian yaitu siswa yang mengisi kuesioner disposisi matematis melalui google form sebanyak 20. Teknik pengambilan sampel yaitu purpossive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan khusus dari peneliti sehingga layak sampel digunakan. Mengingat kondisi saat ini yang sedang pandemi COVID-19 pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas siswa VIII yang mengisi kuesioner yang disebarkan melalui google form. Teknik analisis yang digunakan dalam pengujian hipotesis penelitian adalah analisis korelasi dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini diperoleh nilai thitung (-1.181) pada taraf signifikansi 0.253 ≤ ttabel (1.73406) pada  0.05 jadi hipotesis nol diterima dan hipotesis satu ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa disposisi matematis tidak berpengaruh terhadap hasil belajar pembelajaran siswa kelas VIII SMP di Kota Padang tahun pelajaran 2019/2020. Dari penelitian ini disarankan kepada siswa untuk meningkatkan rasa percaya diri terhadap hasil belajar yang dimiliki siswa dan lebih berani dalam mengungkapkan pendapat dalam pembelajaran

Referensi

Lestari, Kurnia Eka & Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2015) Penelitian Pendidikan Matematika, Bandung: PT Refika Aditama.

Moch Masykur & Abdul Halim Fathani, Mathematical Intelligence, (Bandung: Ar-Ruzz Media, 2009), hal 71.

Widyasari, N, dkk. 2016. “Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa SMP melelaui Pendekatan Metaphorical Thinking”, Jurnal FIBONACCI Pendidikan Matematika & Matematika. Vol. 2, No. 2.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-05