Development of Pair-Based Puzzle Media Suitable for Class IV Indonesian Language Learning SDN 16 Pagambiran Padang"

Penulis

  • AYU RAHMA FITRI Universitas Bung Hatta
  • Wirnita Universitas Bung Hatta
  • Hidayati Azkiya Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MEDIA TEKA TEKI BERBASIS PASANGAN COCOK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 16 PAGAMBIRAN PADANG ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan mengembangkan media teka teki berbasis pasangan cocok dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 16 Pagambiran Padang yang valid. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan model ADDIE yang bersumber dari Anglada, 2007 yaitu : (1) Analisis (Analysis), (2) Desain/Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Pada tahap penelitian pengembangan model ADDIE ini, dilakukan hanya sampai tahap pengembangan (Development) karena adanya wabah pandemi Covid 19 yang sangat berdampak pada masyarakat. Semua orang dianjurkan untuk dirumah aja atau social distancing untuk menghindari penyebaran virus covid 19. Dengan hal tersebut sangat berdampak pada sekolah sehingga kondisi sekolah yang tidak memungkinkan untuk melakukan uji coba secara langsung kepada siswa. Sehingga penelitian hanya sampai tahap pengembangan (Development). Validator angket terdiri dari 1 orang dosen validator ahli media dan1 orang dosen validator ahli materi sekaligus sebagai validator ahli bahasa. Validasi ahli media yang dilakukan dari aspek tampilan memperoleh persentase skor sebesar 88%, validasi ahli materi yang dilakukan dari aspek isi dan penyajian memperoleh persentase skor sebesar 90%, dan validator ahli bahasa yang dilakukan dari aspek lugas, komunikatif, dialogis atau interaktif, kesesuaian dengan peserta didik, dan penutup memperoleh persentase skor sebesar 89%. Dilihat dari rata-rata skorpenilaian media teka tekiberbasis pasangan cocok mata pelajaran Bahasa Indonesia memperoleh secara keseluruhan yaitu rata-rata persentase skor sebesar 89% dengan kriteria valid. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media teka teki berbasis pasangan cocok mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dihasilkan valid yang digunakan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia sehingga dapat digunakan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di Sekolah Dasar. Kata kunci : pengembangan media, teka teki berbasis pasangan cocok, bahasa indonesia

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Selat, D. I. S. D. N., Lanang, I. G., Kartika, A., Tastra, I. D. K., & Suwatra, I. G. N. I. W. (2014 : 3). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL ADDIE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS e-Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha. 2(5).

Sugiyono. (2009 : 297). Metode Penelitian Penidikan (Cetakan ke). Bandung: Alfabeta.

Syaodih, S. N. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05