“Pengembangan Media Pop Up Book pada tema 4 Hidup Bersih dan Sehat Subtema 1 Hidup Bersih dan Sehat Dirumah untuk Siswa Kelas II SDN 27 Olo Padang”.

Penulis

  • FIRMAN RAMADANI Universitas Bung Hatta
  • Syafni Sari Universitas Bung Hatta
  • Ade Madona Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK TEMA 4 HIDUP BERSIH DAN SEHAT SUBTEMA 1 HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI RUMAH UNTUK SISWA KELAS II SD NEGERI 27 OLO PADANG 〖Firman Ramadani〗^1, 〖Syafni Gustina Sari〗^1, 〖Ade Sri Madona〗^1 〖^1〗Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail:firmanramadhani126@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Pop Up Book pada tema 4 hidup bersih dan sehat subtema 1 hidup bersih dan sehat di rumah untuk siswa kelas II SDN 27 Olo Padang yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dibatasi menjadi model 3-D yaitu define, design, dan develop. Instrumen penelitiannya yaitu lembar validasi. Pada proses validasi, media divalidasi oleh 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Berdasarkan hasil validasi, pengembangan media Pop Up Book pada tema 4 hidup bersih dan sehat subtema 1 hidup bersih dan sehat dirumah untuk siswa kelas II SD, validasi materi memenuhi kriteria valid dengan persentase penilaian sebesar 87%, dan validasi media memenuhi kriteria valid dengan persentase penilaian sebesar 88%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media Pop Up Book pada tema 4 hidup bersih dan sehat subtema 1 hidup bersih dan sehat dirumah untuk siswa kelas II SD sudah valid dan dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran di sekolah. Kata kunci: pengembangan media pop up book, pembelajaran tematik

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Ismayati DR, Mahsun A. 2019. Pengembangan Media Monopoli Berbasis Triprakoro Pada Pembelajaran Tematik di MI Al-Ittihad Jogoroto Jombang. Ejournal.iaifa. Vol 2, Nomor 2 : 2.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05