"Development Of Student Worksheets Based On Higher Order Thinking Skill In Mathematics Learning Angle Measurement Material For Fourth Grade Elementary Scholl Students”.

Penulis

  • Khairani Universitas Bung Hatta
  • Susi Herawati Universitas Bung Hatta
  • Arlina Yuza Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR Khairaniˡ, Susi Herawati², Arlina Yuzaˡ ˡProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail: khairani831@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis higher order thinking skill pada pembelajaran matematika untuk kelas IV SD yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan) yaitu tahap validasi, dikarenakan keterbatasan waktu dan karena adanya wabah covid-19 yang sedang melanda. Instrumen penelitian yaitu lembar validasi. LKPD divalidasi oleh 1 orang ahli didaktik dan materi, 1 orang ahli bahasa dan 1 orang ahli tampilan. Berdasarkan hasil validasi, pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis higher order thinking skill pada pembelajaran matematika untuk kelas IV SD memenuhi kriteria valid dengan persentase penilaian sebesar 83%. Disimpulkan bahwa LKPD berbasis higher order thinking skill pada pembelajaran matematika untuk kelas IV SD valid digunakan sebagai salah satu bahan ajar pembelajaran. LKPD ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika materi pengukuran sudut. Kata kunci: lembar kerja peserta didik, pembelajaran matematika, higher order thinking skill

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Mirnawati, Lilik. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kreaktivitas Mahapeserta didik Semester 1 PGSD UM Surabaya Pada Mata Kuliah Pengantar Manajemen Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surabaya.Vol 6, Nomor 1, Hal 84-85.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05