he Effect of the Application of the Cooperative Learning Model Type Everyone Is a Teacher Here on Science Learning Outcomes of Class V Students in Theme 5 Ecosystems at SDN 50 Kuranji.

Penulis

  • CINTIA SALMANDA Universitas Bung Hatta
  • Gusmaweti Universitas Bung Hatta
  • Ira Rahmayuni Jusar Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V PADA TEMA 5 EKOSISTEM DI SDN 50 KURANJI Cintia Salmanda 1 2 , Gusmaweti , Ira Rahmayuni Jusar 1 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: cintia.salmanda23@gmail.com Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Everyone Is a Teacher Here terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 50 Kuranji. Jenis penelitian ini adalah Penelitian ekperimen, dengan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 50 Kuranji yang terdiri dari 3 kelas . Pengambilan Sampel menggunakan purposive sampling, diambil sampel 2 kelas pertama 19 orang dan kelas kedua 20 orang. Sebanyak 39 siswa dipilih sebagai sampel, untuk menentukan kelas eksperimen dan dan kelas kontrol dilakukan dengan simple random sampling . Kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 86,57, dan pada kelas kontrol 77,25. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan thitung>ttabel , dengan nilai thitung 2,491 dan nilai ttabel 1,686, dengan demikian hopotesis yang diperoleh dalam penelitian ini diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan pembelajaran Everyone Is a Teacher Here dengan hasil belajar IPA dengan menggunakan pembelajaran konvensional di SDN 50 Kuranji. Dari hasil penelitian ini diharapkan pembelajaran Everyone Is a Teacher Here bisa menjadi salah satu variasi model pembelajaran di kelas. Kata Kunci : Everyone Is a Teacher Here , Hasil Belajar, IPA

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05