"Development of IPS Learning Module Themes 7 Beautiful State Diversity Based On Community Technology Science For Class IV SD”

Penulis

  • DESRA ANDIKA WARMAN Universitas Bung Hatta
  • Gusmaweti Universitas Bung Hatta
  • Siska Angreni Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH DENGAN MODEL DRILL TEMA 8 PADA MATERI GAYA DAN GERAK KELAS IV SD N 04 SUNGAI RUMBAI Desra Andika Warman Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 , Gusmaweti 2 , Siska Angreni 1 Program Studi Pendidikan Biologi 1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta 2 e-mail : desraandikawarman181297@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran IPA Interaktif berbasis macromedia flash dengan model drill pada materi gaya dan gerak untuk siswa kelas IV SD N 04 Sungai Rumbai, yang memenuhi kriteria sangat valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 3-D yaitu define, design dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi aspek media dan validasi aspek materi. Media pembelajaran IPA interaktif berbasis macromedia flash dengan model drill di validasi oleh 3 orang dosen. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran IPA Interaktif berbasis macromedia flash dengan model drill pada siswa kelas IV SD memenuhi kriteria sangat valid dengan penilaian sebesar 0,95 oleh ahli materi, kriteria sangat valid dengan penilaian sebesar 0,81 oleh ahli media, dan , kriteria sangat valid dengan penilaian sebesar 0,95 oleh ahli bahasa. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPA Interaktif berbasis macromedia flash dengan model drill memenuhi kriteria sangat valid dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran IPA di kelas IV sekolah dasar. Kata kunci : Pengembangan,Media Pembelajaran IPA, Berbasis Macromedia Flash, Model Drill

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05