Development of an Inquiry Model Based Science Learning Module on Light Material and Its Nature for Class IV SD Negeri 18 Lubuk Alung

Penulis

  • Vini Dwi Fortuna Universitas Bung Hatta
  • Gusmaweti Universitas Bung Hatta
  • Darwianis Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MODEL INKUIRI PADA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA UNTUK KELAS IV SD NEGERI 18 LUBUK ALUNG Vini Dwi Fortuna¹, Gusmaweti², Darwianis¹ ¹Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar ²Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : vinidwi8899@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis model inkuiri pada materi cahaya dan sifatnya untuk kelas IV SD Negeri 18 Lubuk Alung yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran IPA ini dikembangkan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), yang dibatasi sampai tahap 3-D ( Define, Design, dan Develop). Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Modul yang telah dibuat divalidasi oleh tiga dosen ahli kemudian diujicobakan untuk mengetahui praktikalitas modul yang dikembangkan. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa modul ini berada pada kategori valid, yaitu dengan nilai validitas 92% oleh dosen ahli materi, nilai validitas 93% oleh dosen ahli bahasa, dan nilai validitas 82% oleh dosen ahli desain, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga dosen ahli yaitu 89% pada kategori valid. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dengan rata-rata persentase kepraktisan 96%. Hal ini menujukkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis model inkuiri pada materi cahaya dan sifatnya yang dihasilkan sudah valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD. Dengan adanya modul ini diharapkan peserta didik dapat berfikir kritis dalam memecahkan masalah dan memperoleh pengetahuan. Kata Kunci : Modul IPA, Model Inkuiri, Valid, Praktis

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05