Increasing Mathematics Learning Activities and Outcomes of Class IV Students through the Numbered Head Together (NHT) Cooperative Learning Model at SDN 48 Kuranji Padang

Penulis

  • Rahmatul Hasni Universitas Bung Hatta
  • Zulfa Amrina Universitas Bung Hatta
  • Arlina Yuza Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DI SDN 48 KURANJI PADANG Rahmatul Hasni 1 1 , Zulfa Amrina , Arlina Yuza 1 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail: rahmatuhasni2424@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika khususnya pada kelas IV di SDN 48 Kuranji Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV dalam mengajukan pertanyaan, berdiskusi kelompok dan untuk meningkatkan hasil belajar pada aspek kognitif (pemahaman) siswa kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 48 Kuranji Padang, yang berjumlah 25 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar observasi kegiatan guru dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa partisipasi belajar siswa mengajukan pertanyaan yaitu 24% pada siklus I meningkat menjadi 81% pada siklus II, partisipasi belajar siswa berdiskusi kelompok yaitu 26% pada siklus I meningkat menjadi 82% pada siklus II, dan persentase hasil belajar pada aspek kognitif (pemahaman) siswa yaitu dari 75% pada siklus I meningkat menjadi 81% pada silklus II. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran Matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe numbered together di SDN 48 Kuranji Padang dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together. Kata kunci: Pembelajaran Matematika, Numbered Head Together, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar.

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05