"The Influence of the Kumon Learning Method on the Learning Outcomes of Class V Students' Civics Pancung Inderapura Questions"

Penulis

  • NORBERTUS HARITA Universitas Bung Hatta
  • Pebriyenni Universitas Bung Hatta
  • Zulfa Amrina Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V DI SDN 03 PANCUNG SOAL INDERAPURA Norbertus Harita 1 2 1 , Pebriyenni , Zulfa Amrina 1 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Bung Hatta E-mail : Norbertusharita@gmail.com Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Metode Pembelajaran Kumon Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V Di SDN 03 Pancung Soal Inderapura. Teori yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teori Susanto (2014) tentang pembelajaran PKn dan model pembelajaran Kumon yang dikemukakan Aris (2014). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas V SDN 03 Pancung Soal yang berjumlah 52 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Conrol Design dan didapatkan kelas VB sebagai kelas Eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Hasil belajar tes akhir menunjukkan nilai rata-rata PKn siswa kelas V SDN 03 Pancung Soal, dengan menggunakan model Kumon dengan nilai rata-rata kelas Eksperimen data awal 66,40 setelah diperlakukan dengan menggunakan model Kumon lebih tinggi yaitu 73,7 dan nilai rata-rata kelas kontrol data awalnya adalah 69,04 menjadi 66,25 dengan taraf uji statistik (α = 0,05) diperoleh berarti maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Kumon terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 03 Pancung Soal. Penulis menyarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran Kumon sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Kumon, Hasil Belajar

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05