DEVELOPMENT OF SMART LADDER MEDIA CLASS III STUDENT MATHEMATICS LEARNING PRIMARY SCHOOL

Penulis

  • NOVITA FEBRINA Universitas Bung Hatta
  • Syafni Sari Universitas Bung Hatta
  • Ira Jusar Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MEDIA TANGGA PINTAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan penggunaan media tangga pintar pembelajaran matematika untuk kelas III Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4-D yaitu terdiri dari tahap define, design, development and, diseminate. Namun karena keterbatasan peneliti, penelitian ini hanya sampai pada tahap development. Subjek penelitian adalah ahli media, dan ahli tampilan. Intrumen penelitian berupa lembar angket. Hasil pengembangan berupa Media Tangga Pintar dalam pembelajaran matematika kelas III Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil penelitian ahli media mendapatkan nilai 3,71 (sangat valid). Ahli tampilan mendapat nilai 3,64 (sangat valid). Dilihat dari rata-rata skor penilaian media pembelajaran matematika memperoleh secara keseluruhan yaitu, 3,67 dengan kategori (sangat valid). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media tangga pintar pembelajaran matematika yang dihasilkan sangat valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika sehingga dapat digunakan di kelas III Sekolah Dasar. Kata kunci : pengembangan media tangga pintar, matematika

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-09