Development of a Cross Puzzle Based Social Science Learning Module for Grade V Elementary School Students

Penulis

  • Yulfia Nora Universitas Bung Hatta
  • Zilvana, Helviyona Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS TEKA-TEKI SILANG UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Zilvana Helviyona 1 , Yulfia Nora 1 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : zilvanahelviyona98@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis teka-teki silang pada pembelajaran IPS untuk siswa kelas V sekolah dasar yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah pengembangan 4-D yaitu define, design, development dan disseminate. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan (development) yaitu tahap uji coba. Pada tahap validitas , modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada tahap praktikalitas modul di uji cobakan pada 1 orang guru dan 15 orang siswa. Persentase validitas modul oleh ahli materi yaitu 90% dengan kriteria sangan valid. Persentase validitas modul oleh ahli desain yaitu 84,61% dengan kriteria sangat valid. Persentase validitas modul oleh ahli bahasa yaitu 98,33% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil validitas modul pembelajaran IPS berbasis teka-teki silang untuk siswa kelas V sekolah dasar yang memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 90,98%. Dan persentase praktikalitas modul oleh guru yaitu 98,4% dengan kriteria sangat praktis. Persentase praktikalitas modul oleh siswa yaitu 98,1% dengan kriteria sangat praktis. Hasil praktikalitas memenuhi kriteria sangat praktis dengan presentase 98,25%. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis teka-teki silang untuk siswa kelas V sekolah dasar sudah valid dan praktis digunakan sebagai sumber/bahan ajar pembelajaran IPS di kelas V di sekolah dasar. Kata kunci : Modul, Ilmu Pengetahuan Sosial, Teka-teki Silang

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Gusnita, Widia, 2020. “Pengembangan Modul Pembelajaran IPS BerbasisTeka-teki Silang Pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Untuk Siswa Kelas IV (Uji Coba di SD 17 Tanjung Medan)â€. Skripsi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta.

Gustinasari, M. (2017). “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Konsep Disertai Contoh

Jaringan Dasar. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika. Volume 7 Nomor

Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologiâ€. Volume 19 Nomor 1. Hlm 75-82.

Pada Materi Sel untuk Siswa SMA. Jurnal Bioedukasi. Volume 1 Nomor 1. Hlm 60-73. Rahmat, dkk. (2019). "Rancangan Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer dan

Setiawati, Oyon, P dan Momoh, H. (2019).“Pengembangan Media Permainan Papan pada Pembelajaran IPS untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasarâ€. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 6 Nomor 1. Hlm 163-174.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Trianto, 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual (Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yanto, D.T.P. (2019). “Praktikalitas Model Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran.

Diterbitkan

2021-04-06