Development of a Cross Puzzle Based Social Science Learning Module for Grade V Elementary School Students
Abstrak
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS TEKA-TEKI SILANG UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Zilvana Helviyona 1 , Yulfia Nora 1 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : zilvanahelviyona98@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis teka-teki silang pada pembelajaran IPS untuk siswa kelas V sekolah dasar yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah pengembangan 4-D yaitu define, design, development dan disseminate. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan (development) yaitu tahap uji coba. Pada tahap validitas , modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada tahap praktikalitas modul di uji cobakan pada 1 orang guru dan 15 orang siswa. Persentase validitas modul oleh ahli materi yaitu 90% dengan kriteria sangan valid. Persentase validitas modul oleh ahli desain yaitu 84,61% dengan kriteria sangat valid. Persentase validitas modul oleh ahli bahasa yaitu 98,33% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil validitas modul pembelajaran IPS berbasis teka-teki silang untuk siswa kelas V sekolah dasar yang memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 90,98%. Dan persentase praktikalitas modul oleh guru yaitu 98,4% dengan kriteria sangat praktis. Persentase praktikalitas modul oleh siswa yaitu 98,1% dengan kriteria sangat praktis. Hasil praktikalitas memenuhi kriteria sangat praktis dengan presentase 98,25%. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis teka-teki silang untuk siswa kelas V sekolah dasar sudah valid dan praktis digunakan sebagai sumber/bahan ajar pembelajaran IPS di kelas V di sekolah dasar. Kata kunci : Modul, Ilmu Pengetahuan Sosial, Teka-teki SilangReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64
Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222
Gusnita, Widia, 2020. “Pengembangan Modul Pembelajaran IPS BerbasisTeka-teki Silang Pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Untuk Siswa Kelas IV (Uji Coba di SD 17 Tanjung Medan)”. Skripsi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta.
Gustinasari, M. (2017). “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Konsep Disertai Contoh
Jaringan Dasar. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika. Volume 7 Nomor
Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi”. Volume 19 Nomor 1. Hlm 75-82.
Pada Materi Sel untuk Siswa SMA. Jurnal Bioedukasi. Volume 1 Nomor 1. Hlm 60-73. Rahmat, dkk. (2019). "Rancangan Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer dan
Setiawati, Oyon, P dan Momoh, H. (2019).“Pengembangan Media Permainan Papan pada Pembelajaran IPS untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 6 Nomor 1. Hlm 163-174.
Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132
Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66
Trianto, 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual (Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yanto, D.T.P. (2019). “Praktikalitas Model Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran.