ANALISIS INTERJEKSI PADA GAME ONLINE DI KENAGARIAN SAGO SALIDO KECAMATAN IV JURAI KABUPATEN PESISIR SELATAN

Penulis

  • Azizur Rahman
  • Mrasis
  • Syofiani

Kata Kunci:

Artikel Ilmiah, Interjeksi, Game Online

Abstrak

enelitian ini bertujuan untuk menganalisis interjeksi dalam konteks fungsi emotif interjeksi pada game online, makna interjeksi pada game online, pengaruh interjeksi pada game online. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara rekam sadap serta data yang didapat berupa rekaman video, serta hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Fungsi emotif interjeksi yang terdapat pada game online didominasi dengan interjeksi yang tergolong kepada perkataan negatif ataupun tidak sopan. 2) Makna interjeksi yang terdapat pada game online lebih didominasi dengan makna cacian, makian, dan umpatan. 3) pengaruh interjeksi pada game online yang diperoleh dari proses penelitian lebih banyak ditemukan unsur pengaruh negatif dalam artian memiliki efek tidak baik terhadap lawan tutur.

Referensi

Arifah, Nur. 2016. Menyusun Skripsi-Tesis dan Disertasi. Yogyakarta : Araska Publisher.

Moleong, Lexy J. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.

Nadar, F.X. 2013. Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugono, Dendy. 2015. Tata Bahasa Dasar Bahasa Indonesia. Bandung : PT. Remaja Rosda karya Offset.

Komariah, Siti. 2016. Interjeksi dalam Novel Doyane Wong Culika Karya Suparta Brata. Sidoarjo : Balai Bahasa Jawa Timur.

Widiatmoko, Bambang. Waslam. 2017. Interjeksi dalam Bahasa Indonesia: Analisis Pragmatik. Jurnal Pujangga. Volume 3, No.1. www.jurnal.unas.ac.id. Di akses 16 September 2019 pukul 09:14.

Mulyadi. Shalika, Putri, Mayang. 2019. Coognitive Interjektion In Indonesian and Japanese. Jurnal Undip. Humanika Vol.26. No.1. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika. Di akses 18 September 2019 pukul 19:31.

Nusarini. Pertiwi, Diana, Eka. 2018. Interjeksi dalam Fiksi Berbahasa Indonesia. Caraka. Vol.4 No. 2. http://fkip.ustjogja.ac.id. Di akses 17 September 2019, 19:51.

Rut, Lili. 2002. Penggunaan Interjeksi Bahasa Indonesia dalam Surat Kabar Kompas(Skripsi). Toraja: UKI Toraja.

Putra, Nando Idola. 2019. “Analisis Ungkapan Larangan di Kenagarian Suayan Kecamatan Akabiluru, Kabupaten 50 Kota” Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Bahasa, Pusat. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-30