Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Lectora Pada Pembelajaran Matematika Materi Segibanyak Kelas IV SD Negeri 45 Ganting
Abstrak
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI LECTORA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SEGIBANYAK UNTUK KELAS IV SD NEGERI 45 GANTING Tiwi Aulia Safitri 1 , Zulfa Amrina 1 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : auliasafitritiwi@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis model problem based learning dengan menggunakan aplikasi lectora pada materi segibanyak untuk kelas IV SD N 45 Ganting yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan / Research and Development. Model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, disign, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai 3D saja. Instrumen penelitian ini meliputi lembar validasi yang di validasi oleh 2 orang dosen dan lembar pratikalitas guru serta lembar praktikalitas siswa kelas IV SD N 45 Ganting sebanyak 21 orang. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media pembelajaran matematika berbasis model problem based learning dengan menggunakan aplikasi lectora untuk siswa kelas IV SD N 45 Ganting termasuk kriteria valid dengan nilai 85,075% dari aspek didaktik dan materi 88,9%, serta tampilan 81,25%. Media pembelajaran matematika berbasis model problem based learning dengan menggunakan aplikasi lectora ini termasuk kriteria sangat praktis oleh guru 91,7%, dan siswa 88%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis model problem based learning dengan menggunakan aplikasi lectora memenuhi kriteria valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu media dalam pembelajaran matematika khususnya di kelas IV Sekolah Dasar. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci : pengembangan, problem based learning, lectora, matematika.Referensi
Afandi, A & Susanto, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar pada Mata Kuliah Perkembangan Motorik Berbasis Aplikasi Lectora untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan PJKR IKIP Budi Utomo Malang. SENALOG (Nomor 1 tahun 2019), 26.
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64
Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222
Amir, A. (2016). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal
Amrina, Z. (2014). Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Problem Based Learning.
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Al-Azhar. Jakarta : Rajawali Pers.
Eksakta (Nomor 1 tahun 2016), 39.
Isrok’atun dan Amelia, R. (2018). Model-model pembelajaran matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematika dalam Pembelajaran
Mandasari, D., Kholilur R., & Riza, F. (2000). Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Multimedia Interaktif Lectora Inspire. Jurnal Pendidikan Islam. (Nomor 1 tahun 2000), 54.
Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi. Vol 2. Hal 3. Rusmono. (2019). Strategi pembelajaran dengan problem based learning itu perlu :
Sugiyono. (2015). Metode penelitian & pengembangan. Bandung : Alfabeta.
Suparlan. (2019). Peran Media dalam Pembelajaran di SD. Jurnal Pensa (Nomor 2 tahun
Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132
Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66