TINDAK TUTUR DEKLARATIF GURU DAN MURID DALAM FILM LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA

Penulis

  • Lhailatul Vicky
  • Hasnul Fikri
  • Gusnetti

Kata Kunci:

Pragmatik, Tindak Tutur Deklaratif, Film Laskar Pelangi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tipe dan fungsi tindak tutur deklaratif guru dan murid dalam film Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Teori yang digunakan adalah teori yang dikemukakan oleh Searle (dalam Sofiarani, 2015) mengenai tipe dari tindak tutur deklaratif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Langkah analisis isi yaitu mengidentifikasi dan mengklasifikasi, menganalisis dan menginterpretasi serta menyimpulkan tipe tindak tutur deklaratif. Hasil penelitian menunjukkan tipe tindak tutur terbanyak dalam penelitian ini yaitu meyakinkan, sedangkan jenis tindak tutur paling sedikit yaitu mengabulkan. Fungsi tuturan deklaratif terbanyak yaitu menyenangkan, sedangkan fungsi yang paling sedikit yaitu bertentangan.

Referensi

(http://www.kapanlagi.com.h/0000255099.html)

Kristantri, Fetri. 2014. Skripsi S1 “Tindak Tutur Direktif dalam Dialog Film Ketika Cinta Bertasbih Karya Chaerul Umam”. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Setyanto, Bowo. (2015). “Tindak Tutur Ilokusi Dialog Film 5 CM Karya Rizal Mantovani (Sebuah Tinjauan Pragmatik). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hidayat, E. (2014). “Tindak Tutur Deklaratif Dalam Wacana Khotbah Jumat Bahasa Sunda Di Masjid Baiturrahman Desa Bener Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap” (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sofiarani, R. (2015). “Tindak Tutur Deklaratif Dalam Dialog Film The Fault In Our Stars Karya John Green Kajian Pragmatik. (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-04-01