Pengembangan Modul Pembelajaran pada Materi Pembelajaran Dinamyc Host Configuration Protokol Server untuk Kelas XI SMK

Pengembangan Modul Pembelajaran pada Materi Pembelajaran Dinamyc Host Configuration Protokol Server untuk Kelas XI SMK

Penulis

  • Iswara Hadi
  • Ashabul Khairi
  • ade fitri rahmadhani

Kata Kunci:

Pengembangan Modul, PHP, Dynamic Host Configuration Protkol

Abstrak

Dynamic Host Configuration Protokol Server termasuk ke dalam ruang lingkup mata pelajaran produktif pada kompetensi keahlian Teknik Komputer Jaringan. Berdasarkan standar isi mata pelajaran Produktif SMK yang menekankan pada kemandirian siswa dan pemberian pengalaman belajar langsung, maka dalam pembelajaran Dinamyc Host Configuration Protokol Server diperlukan sebuah media yang dapat mendukung aktivitas siswa dalam mempelajari Dinamyc Host Configuration Protokol Server sehingga siswa dapat belajar mandiri tanpa harus bergantung pada guru mata pelajaran dalam mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki. Berdasarkan pengamatan yang penulis lakukan saat observasi awal, proses pembelajaran mata pelajaran produktif di SMKN 6 Padang selama ini belum memiliki modul pembelajaran materi Administrasi Sistem Jaringan, khususnya materi DHCP Server. Metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru yaitu dengan mendemonstrasikan materi pelajaran, dan setelah itu peserta didik mengikuti instruksi yang diberikan oleh guru secara lisan dan tulisan dan tidak diberi pedoman praktikum. Modul yang ada hanya digunakan sebagai acuan guru dalam memberikan pengajaran kepada peserta didik dan tidak sebagai bahan ajar yang diberikan kepada peserta didik secara langsung. Belum Maka dari itu dibutuhkan perantara atau media yang dapat memfasilitasi peserta didik untuk menerima materi DHCP Server dengan penggunaan modul sebagai pedoman bagi siswa untuk meningkatkan pemahaman siswa khususnya pada materi praktek. Untuk memenuhi tujuan penulisan, maka penulisan ini di desain dengan menggunakan pendekatan penulisan pengembangan atau Research and Development (R&D). Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan produk. Penelitian ini merupakan suatu proses untuk mengembangkan dan menvalidasi produk-produk yang digunakan dalam pembelajaran untuk mendukung pemecahan masalah praktis pada dunia pendidikan khususnya masalah pembelajaran dikelas atau laboratorium. Penulisan ini mengembangkan produk pendidikan berupa Modul Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Adminstrasi Sistem Jaringan untuk Kelas XI SMK. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa telah dikembangkan Pengembangan Modul Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dinamyc Host Configuration Protocol Server Untuk Kelas XI SMK, dibuktikan dengan nilai rata-rata uji validitas sebesar 90.13% pada kategori valid pada kategori “Sangat Baik”.

Referensi

Heinich (2015). Pengembangan Modul Berbasis untuk Mata Pelajaran Manajemen Produksi pada Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 01(01):0-216.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, J. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study dengan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA di SD. Journal of Primary Educational 1(2).

Sutirman. (2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trini Prastati (2005). Pengembangan E-Modul (Electronic Module) pada Mata Pelajaran Pengolahan Citra Digital Materi Vektor untuk Siswa Kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Klaten. skripsi. Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Wang Qiyun & Cheung Wing Sum (2003). Pengembangan Modul Materi Ekosistem Lokal Nusa Tenggara untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains. Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. 223-230.

Seels & Glasgow (1990) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana & Rivai. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Arif S. Sadiman, dkk. (2006) Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 14(2):221-230. Edris, E. M. R. 2018. Pengembangan E-Modul (Electronic Module) pada Mata Pelajaran Pengolahan Citra Digital Materi Vektor untuk Siswa Kelas XI.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-04-01