PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS XI DI SMK NEGERI 1 PADANG PANJANG

Penulis

  • Fitri Yenti
  • Pebriyenni .

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Pretest Posttest Control Group Design, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas XI SMK Negeri 1 Padang Panjang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi penelitian siswa kelas XI yang terdiri dari 9 kelas yaitu. XI AKL.1, XI AKL.2, XI OTP.1, XI OTP.2, XI BDP.1,XI BDP.2, XI Boga, XI Hotel, XI UPW di SMK Negeri 1 Padang Panjang yang terdiri dari 268 orang. Rancangan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pretest posttest control group design, yang menyatakan bahwa dalam design ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes. Dari hasil tes ini dilakukan pengujian Hipotesis dengan menggunakan uji-t, statistik menunjukkan thitung > ttabel dengan nilai thitung 3,035 dan nilai ttabel sebesar 1,67 pada taraf nyata signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa HI, terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas XI SMK Negeri 1 Padang Panjang.

Referensi

Suardi, dkk. 2017. Dasar-Dasar Pendidikan. Yogyakarta : Parama Ilmu.

Pemerintahan Indonesia. (2014). Undang- Undang No.103 Tahun 2014 Yang Mengatur Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Lembar Negara RI Tahun 2014 No. 103 Jakarta : Sekretariat Negara.

Fahurrohman, Muhammad. 2017. Model- Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Mayangsari, Dewi. 2014. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Pokok Bahasan Konduktor Dan Isolator SDN Semboro Probolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Edukasi UNEJ 2014,L (1): 27-31.

Sugiyono.2016.Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D. Bandung

: Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-22