NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA

Penulis

  • Kharunia Ayril
  • Gusnetti .
  • M. Sayuti

Kata Kunci:

Novel Sang Pemimpi, Nilai-nilai Pendidikan Karakter

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata. Data penelitian ini berupa nilai-nilai terdapat di dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data terhadap nilai-nilai pendidikan dalam novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata diperoleh 18 nilai- nilai pendidikan karakter dari 36 data seperti religius sebanyak 12 data, seperti taat beribadah, berperilaku baik, mematuhi ajaran agama. Jujur 1 data, seperti selalu berkata yang sebenarnya. Toleransi sebanyak 2 data, seperti menghargai perbedaan dan tindakan orang lain. Disiplin sebanyak 3 data, seperti selalu tertib dengan aturan, mematuhi segala ketetapan yang diberikan. Kerja keras sebanyak 4 data, seperti berupaya bersungguh-sungguh, menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya. Kreatif sebanyak 1 data, seperti melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru. Mandiri sebanyak 3 data, seperti tidak mudah bergantung pada orang lain. Rasa ingin tahu sebanyak 2 data, seperti mengetahui lebih mendalam apa yang terjadi, penasaran dengan apa yang didengar. Cinta tanah air sebanyak 1 data, seperti mencintai Negara sendiri. Menghargai prestasi sebanyak 1 data, seperti menghargai dan menghormati keberhasilan orang lain, mendorong diri untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Bersahabat/Komonikatif sebanyak 1 data, seperti selalu berteman dengan siapa saja. Peduli Sosial sebanyak 1 data, seperti selalu peduli terhadap lingkungan selalu membantu orang lain yang membutuhkan bantuan. Tanggung jawab sebanyak 1 data, seperti memiliki tanggung jawab terhadap kewajiban yang seharusnya dilakukan. Demokrasi sebanyak 1 data, seperti cara berpikir, bersikap dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain. Cinta damai sebanyak 1 data, seperti sikap, perkataan dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, penanaman nilai-nilai pendidikan karakter yang banyak di bahas ialah nilai pendidikan karakter religius. Religius ialah sikap dan perilaku seseorang yang patuh dalam melaksanakan agamanya. Terlihat di dalam Novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata pemeran tokoh Arai digambarkan sebagai sosok yang taat beribadah, berperilaku baik,serta mematuhi ajaran agama.

Referensi

Ahmadi, Abu. (2011) . H, Drs Widodo Supriyono. Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta : Pt Rineka Cipta.

Atmazaki, 2007. Ilmu Sastra. Teori dan Penerapannya. Padang Angkasa Raya.

Aunillah, N.I. 2011. Paduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Jakarta ; Balai Pustaka.

Edwar, Monica. 2013. Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sebelas Patriot karya Andrea Hirata: Skripsi.Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta.

Hasan, Said Hamid, dkk. 201 0. “Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa” Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa.

Hasbullah, 2013. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarata. Raja Grafindo Persada.

Hoeruddin, Cecep Wahyu, 2011. Menumbuhkembangkan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa dan Budaya. “Dalam Prosiding Seminar Nasional. Padang. Sukabina Press Padang.

Hirata, Andrea. 2012. Sang Pemimpi – Yogyakarta:Pt Benteng Pustaka.

Mardalis, 2007. Metode Penelitian:Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta. Bumi Aksara.

Moleong, Lexi, J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosda.

Morelent, Yetti. 2011. “Menumbuhkankembangkan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa dan Budaya. “Dalam Prosiding Seminar Nasional. Padang. Sukabina. Press Padang.

Muhardi dan Hasanuddin, Ws. 2006. Prosedur Menulis Fiksi. Padang. IKIP Padang.

Muslich, Masnur. 2011 Pendidikan Karakter. Jakarta : Bumi Aksara.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengajian Fiksi. Padang. Institut Keguruan dan Ilmu Kependidikan Padang.

Sobur, Alex. 2013. Psikologi Umum. Bandung : CV Pustaka Setia.

Semi, M, Atar. 2012. Anatomi Sastra. Padang. Angkasa Raya.

Depdiknas, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional, Jakarta :Depdiknas RI.

Wellek dan Warren. 2014. Teori Kesusasteraan. Jakarta. Grame

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-24