HUBUNGAN PARTISIPASI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 PADANG TAHUN 2012/2013
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan partisipasi orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 12 Padang. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar biologi siswa adalah faktor eksternal diantaranya partisipasi orang tua. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan populasi 198 siswa kelas VII SMPN 12 Padang yang terdaftar pada semester 2 tahun 2012/1013, dengan sampel 133 siswa. Variabel penelitian ini adalah partisipasi orang tua sebagai variabel X dan prestasi belajar sebagai variabel Y. Jenis data ada dua, yaitu data mengenai partisipasi orang tua (data primer) yang didapat dengan mengunakan angket dan data sekunder berupa prestasi belajar biologi dari siswa yang bersangkutan yang diperoleh dari guru biologi yaitu nilai ulangan harian 1. Data dianalisis dengan mengunakan rumus korelasi Product Moment. Dari hasil penelitian terlihat bahwa partisipasi orang tua siswa yang yang berkategori tinggi 93,23%. Prestasi belajar yang diperoleh siswa sangat baik sebesar 34,59%. Dari perhitungan koefisien korelasi diperoleh harga r = 0,245. Selanjutnya dilakukan perhitungan terhadap koefisien determinan yang menunjukan bahwa hubungan partisipasi orang tua dengan prestasi belajar biologi siswa sebesar 6,0025%. Berdasarkan uji hipotesis, didapat nilai thitung > ttabel. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang berarti antara partisipasi orang tua dengan prestasi belajar biologi siswa kelas VII SMPN 12 Padang pada taraf 95% (α = 0,05)
Kata Kunci: Hubungan, partisipasi, dan prestasi belajar