PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PPKn DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SMA NEGERI 9 PADANG
Kata Kunci:
Pelaksanaan Pembelajaran, Karakter Disiplin Siswa, Pendidikan Pancasila dan KewarganegaraanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran PPKn dalam pembentukkan karakter disiplin siswa SMAN 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif merupakan salah satu jenis penelitian yang spesifikasinya adalah sistematis, terencana dan terstruktur. Teknik pengumpulan data melalui angket/kuisoner, wawancara serta dokumentasi kepada informan yang dianggap berpotensi untuk memberikan informasi tentang bagaimana pengaruh pelaksanaan pembelajaran PPKn dalam pembentukan karakter disiplin siswa. Teknik analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Populasi dalam penelitian ini 282 orang siswa SMA Negeri 9 Padang dengan sampel 15% dari populasi yaitu 42 orang siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pelaksanaan pembelajaran PPKn dalam membentuk karakter disiplin siswa SMAN 9 Padang yang terlihat dari pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan bbantuan SPSS versi 20 dan menunjukkan Thitung > Ttabel, dengan nilai Thitung sebesar 11,484 dan nilai Ttabel sebesar 1,684 pada taraf nyata signifikan 0,05. Nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,363 dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,131 hal ini berarti bahwa pengaruh pelaksanaan pembelajaran PPKn dalam membentuk karakter disiplin siswa SMA Negeri 9 Padang sebesar 13,1 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PPKn berpengaruh dalam membentuk karakter disiplin siswa SMAN 9 Padang.Referensi
Juliardi, Budi. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Bhineka Tunggal Ika. Vol 2 (2). hal 119- 126
Kemendikbud. (2016). Pembelajaran Dan Penilaian Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Sekolah Menengah
Atas/Sekolah MenengahKejuruan/Madrasah Aliyah/Madrasahaliyah Kejuruan (Sma/Smk/Mak). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Winarno. 2015. Integrasi nilai karakter dalam materi pembelajaran PPKn di SMA. Prosiding Aktualisasi Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar Menuju Peserta Didik yang Berkarakter. Surakarta, hal 353-364.
Sugiyono.2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta
##submission.downloads##
Diterbitkan
2021-08-27
Terbitan
Bagian
Executive Summery