PENGEMBANGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR BERBASIS ALAM DALAM KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IV DI SDN 45 GANTING

Penulis

  • SURYA Universitas Bung Hatta
  • Hasnul Fikri Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

Development Research, Learning Media, Picture Books, Nature-Based, Poetry.

Abstrak

Proses pembelajaran dikatakan berhasil apabila seluruh atau sekurang-kurangnya sebagian peserta didik terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, proses pembelajaran harus diselenggarakan secara interaktif dan menyenangkan sehingga dapat memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Untuk itu, proses pembelajaran harus didukung dengan pemanfaatan sumber dan bahan belajar yang menarik, salah satunya media buku bergambar. Bahan ajar itu harus sesuai pendekatan saintifik seperti yang dituntut oleh kurikulum 2013 sehingga dapat membantu guru dan peserta didik dalam memudahkan proses pembelajaran khususnya pada materi menulis puisi yaitu media buku bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk pertama menghasilkan media buku bergambar berbasis alam dalam keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV SD dengan model pengembangan 4D. kedua menentukan validitas, praktikalitas, dan keefektifan media buku bergambar berbasis alam dalam keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV SD yang dikembangkan. Media pembelajaran adalah salah satu sarana yang dapat membantu proses belajar mengajar sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik dan sempurna (Kustandi, 2013). Media buku cerita bergambar dapat dikaitkan dengan keterampilan menulis puisi, sehingga anak dapat berpikir secara mandiri, dan dapat mengmbangkan kreativitas dari apa yang dituangkan dalam media buku cerita bergambar (Lilis, 2016). Puisi merupakan karya sastra yang menggunakan bahasa sederhana dengan irama dan bunyi berpadu pada pemikiran kata-kata kias (Waluyo, 2003). Media buku bergambar yaitu pembelajaran yang telah disajikan, media yang digunakan bertujuan untuk mempermudah peserta didik menulis puisi cepat dan tepat (Nurgiantoro, 2003). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D. Model ini terdiri atas empat tahap, yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun demikian, tahap penyebaran tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan kondisi eksternal masa Pandemi Covid-19. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 orang dosen FKIP untuk uji validtas, 2 orang guru SD 45 Ganting untuk uji validitas dan praktikalitas, serta 21 murid kelas IV SD 45 Ganting untuk uji praktikalitas dan keefektifan. Jenis data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh melalui angket validitas dan praktikalitas serta pretest dan posttest untuk kefektifan. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi dan praktikalitas serta soal pretest dan post-tes. Teknik analisis dilakukan dengan teknik statistik deskriptif untuk mengukur validitas, kepraktisan dan keefektifan media. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa, pertama, proses pengembangan dimulai dengan (1) tahap define sehingga ditemukan permasalahan yang ada di sekolah dan kebutuhan media; (2) proses design yang dilakukan dengan merancang media yang akan dikembangkan, (3) proses develop media buku bergambar berbasis alam pada siswa kelas IV dikembangkan, diuji validitas, praktikalitas, dan keefektifannnya, serta direvisi sesuai dengan kebutuhan. Kedua, media ini (1) dari segi validitas berada pada kategori sangat tinggi. (2) dari segi praktikalitas, menurut guru berada kategori tinggi (0,71) dan menurut siswa berada pada kategori kepraktisan tinggi (0,713), (3) dari segi keefektifan, beada pada kategori baik karena nilai rata-rata kelas siswa pada saat posttest adalah 82,85 dengan ketuntasan klasikal 90,47%. Temuan penelitian ini sejanan dengan hasil penelitian Nur Diana (2019) yang menunjukkan bahwa media buku bergambar yang dikembangkannya dapat digunakan dalam proses pembelajaran, karena memperoleh tingkat kevalidan sebesar 85%, tingkat kepraktisan sebesar 76 %, dan efektif karena nilai rata-rata post-test siswa (83) lebih tinggi daripada nilai rata-rata pre-test (52). Berdasarkan data di atas, diketahui bahwa media buku bergambar berbasis alam pada keterampilan menulis puisi sudah valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kepada peneliti lain disarankan penelitian ini dapat menjadi acuan dalam mengembangkan media pembelajaran khusunya pada karya sastra keterampilan menulis puisi.

Referensi

Kustandi, C, dkk. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nur, Diana A,dkk. 2019. “Pengembangan Media Buku Bergambar Berbasis Alam Dalam

Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi Kelas III Sekolah Dasar Negeri I Grogol Diwek

Jombang”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 7. No. 3. Hal. 66-82.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jogjakarta: UGM

Press

Lilis, Madyawati. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Pranadamedia

Group.

PP 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Waluyo, H, J. 2003. Apresiasi Puisi. Jakarta: PT Garmedia Pustaka Utama.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-09-16