PENGEMBANGAN BUKU AJAR PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA SISWA KELAS VII SMPN 3 PAYAKUMBUH

Penulis

  • Mahiratul Husna Alsri Universitas Bung Hatta
  • Fazri Zuzano Universitas Bung Hatta
  • Listy Vermana Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

Pengembangan, Buku Ajar, Pembelajaran Berbasis Masalah

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang hanya mendengarkan pendidik menjelaskan materi di depan kelas tanpa adanya berpikir kritis untuk mencari, dan mengolah materi dengan baik. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah membuat bahan ajar berupa buku ajar dengan motode pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel pada siswa kelas VII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel berbasis masalah (Problem Based Learning) siswa kelas VII SMP yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D. Data awal dikumpulkan dengan observasi dan wawancara. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan dengan validasi produk oleh 2 (dua) orang Dosen Universitas Bung Hatta Jurusan pendidikan matematika dan 1 (satu) Dosen UniversitasBung Hatta Jurusan Pendidikan Bahasa Indosesia. Untuk pengambilan data dilakukan uji praktikalitas pada 5 orang siswa kelas VII SMP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku ajar berbasis masalah (problem based learning) materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel pada siswa kelas VII SMP sudah valid dan praktis. Terlihat pada hasil validasi dari ahli materi, ahli media dan ahli bahasa dengan total rata-rata 88,35 % dengan kriteria valid dan pada uji pratikalitas mendapatkan total rata-rata 87,5 % dengan kriteria sangat praktis. Dari penelitian ini disarankan kepada guru dapat menerapkan buku ajar ini pada pembelajaran matematika materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel siswa SMP kelas VII, dan disarankan kepada siswa untuk menjadikan buku ajar sebagai pendukung, sehingga kemampuan siswa semakin bertambah dan siswa dapat belajar secara mandiri.

Referensi

Mintowati. 2013. Buku Ajar . Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Susilo, A.B. et al. (2012). Model Pembelajaran IPA berbasis masalah untuk meningkatkat motivasi belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa. Unnes Science Education Journal.USEJ 1(1) Tersedia online :http:// SMP journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/download/318/367 (23 Juli 2012).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-01