PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA

Penulis

  • Kasmita Saputri Universitas Bung Hatta
  • Susi Herawati Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

LKPD, Project Based Learning, Segitiga

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh bahan ajar yang digunakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran belum membantu peserta didik untuk dapat belajar secara aktif dan mandiri. Hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran yang masih berpusat kepada guru, dan bahan ajar yag digunakan dalam proses pembelajaran hanya berupa buku cetak yang disediakan oleh sekolah. Untuk itu salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan aktifitas, motivasi, serta minat belajar peserta didik dalam belajar adalah dengan menggunakan LKPD yang dapat membantu peserta didik belajar secara aktif dan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD pada materi segitiga berbasis project based learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D yaitu define, design, development, dan disseminate. Penelitian ini dibatasi hanya 3-D yaitu sampai tahap development atau pengembangan. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas dan wawancara. Pada proses validasi, LKPD divalidasi oleh dua orang validator yaitu dosen Pendidikan Matematika, Universitas Bung Hatta dan pada proses praktikalitas, LKPD diuji coba kepada 10 orang peserta didik. Pada tahap validasi LKPD berbasis project based learning memenuhi kriteria valid dengan rata-rata persentase 84,72% dengan rincian pada aspek didaktik 87,5%, aspek isi 83,93 %, aspek bahasa 79,19%, dan aspek tampilan 87,5 %. Pada tahap praktikalitas, LKPD berbasis project based learning termasuk kriteria praktis denngan rata-rata persentase 76,88%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis project based learning pada pokok bahasan segitiga memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran matematika khususnya bagi peserta didik kelas VII di tingkat SMP/MTs.

Referensi

Intan, S., Rita,D., & Niniwati, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII (Doctoral dissertation, Universitas Bung Hatta )

Kemendikbud, (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tentang Standar Isi

Purwanto, Ngalim. (2009). Prinsip – Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis kemampuan berfikir kreatif matematis siswa SMK pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kota Cimahi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164-177.

Sulaeman, M. (2020). Aplikasi Project Based Learning untuk Membangun Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik. Depok Jawa Barat: Bioma Publishing

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep Strategi, dan Impelementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumu Aksara

Winarlis,W., & Hasanuddin, H.(2019).Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Project Based Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(4), 297-304.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-08