ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP DITINJAU DARI SELF-EFFICACY DAN GENDER SISWA

Penulis

  • Wikayatul Husna Universitas Bung Hatta
  • Yusri Wahyuni Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

self-efficacy, gender, hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya efikasi diri atau keyakinan diri siswa dalam pembelajaran matematika, terutama dalam menyelesaikan tugas-tugas. Hal ini menimbulkan adanya pandangan negatif siswa terhadap pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menganalisis hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP yang ditinjau dari self-efficacy dan gender siswa di SMP Jhon’s Febby Islamic School. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen nontest yaitu pemberian angket dan wawancara terhadap siswa kelas VIII yang berjumlah 10 orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa perempuan memiliki self-efficacy dan prestasi belajar yang lebih tinggi dari pada siswa laki-laki. Untuk hasil belajar kategori tinggi terdiri atas 10% gender perempuan self-efficacy tinggi, 10% gender laki-laki self-efficacy sedang, dan 10% gender perempuan self-efficacy sedang. Untuk hasil belajar kategori sedang terdiri atas 10% gender perempuan self-efficacy tinggi, 10% gender perempuan self-efficacy sedang, 30% gender laki-laki self-efficacy sedang, dan 10% gender perempuan self-efficacy rendah. Sedangkan untuk hasil belajar kategori rendah terdiri atas 10% gender laki-laki self-efficacy rendah.

Referensi

Abdurrahman, M. (2012). Anak berkesulitan belajar: Teori, diagnosis, dan remedialnya. Jakarta: Rineka Cipta.

Adni, D. N., Nurfauziah, P., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMP ditinjau dari self efficacy siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 957-964.

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Novferma, N. (2016). Analisis kesulitan dan self-efficacy siswa SMP dalam pemecahan masalah matematika berbentuk soal cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76-87.

Nurfauziah, P., Faudziah, L., Nuryatin, S., & Mustaqimah, I. A. (2018). Analisis self efficacy matematik siswa kelas VIII SMP 7 Cimahi dilihat dari gender. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 61-70.

Purwanto. (2020). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar.

Sari, N. R., Hidayat, W., & Yuliani, A. (2019). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Pada Materi SPLTV Ditinjau Dari Self-Efficacy. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 93-104.

Sriyanto. (2007). Strategi sukses menguasai Matematika. Jakarta: PT. Buku Kita.

Subaidi, A. (2016). Self-Efficacy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Sigma, 1(2), 64-68.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-08