ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG BERKEPRIBADIAN INTROVERT DAN EKSTROVERT SISWA KELAS VIII DI SMP N 10 PADANG

Penulis

  • Cindi Maiyazi Universitas Bung Hatta
  • Yusri Wahyuni Universitas Bung Hatta

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran matematika, pemahaman kepribadian setiap siswa dan tindakan yang tepat yang diberikan oleh guru kepada siswa belum diterapkan dengan baik, terdapat siswa yang aktif dalam kelas begitupun sebaliknya ada siswa yang pasif didalam kelas, serta hasil belajar beberapa siswa ada yang tidak mencapai tujuan pembelajaran, atau masih kurang dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi belajar ditinjau dari hasil belajar matematika siswa yang berkepribadian introvert dan ekstrovert siswa kelas VIII di SMP N 10 Padang. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dengan populasi siswa kelas VIII SMP N 10 Padang Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling yaitu kelas 8.1. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adala instrumen non tes yaitu berupa angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan terdapat 41% siswa yang berkepribadian introvert atau 13 dari jumlah siswa kelas sampel dan 56% siswa yang berkepribadian ekstrovert atau 18 dari jumlah siswa kelas sampel. Sehingga berdasarkan pengelompokan kepribadian siswa diperoleh siswa kepribadian introvert dengan hasil belajar tinggi memiliki motivasi belajar sedang terdiri dari 2 orang. Untuk siswa kepribadian introvert dengan hasil belajar rendah memilki motivasi belajar rendah terdiri dari 1 orang dan motivasi belajar sedang 1 orang. Untuk siswa kepribadian ekstrovert dengan hasil belajar tinggi memilki motivasi belajar sedang 2 orang. Dan untuk siswa kepribadian ekstrovert motivasi tinggi dengan hasil belajar rendah terdiri dari 1 orang dan motivasi belajar sedang terdiri dari 1 orang. Dari hasil penelitian disarankan agar menjadi bahan masukan bagi guru serta pertimbangan dan pedoman dalam proses pembelajaran serta bagaimana perlakuan yang sesuai yang diberikan kepada siswa.

Referensi

Alwisol. (2019). Psikologi Kepribadian. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Imran, Y., Husen, H.B., & Taher, A. (2017). Psikologi Pendidikan Dalam Kompetensi Guru. Padang: FKIP universitas Bung Hatta.

Lestari ,E,K., & Yudhanegara, M.R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Mulyah, A.T. (2017). Hubungan Antara Kepribadian Introvert Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP N 8 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017.Jurnal Bimbingan dan Konseling. FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Safitri, V. (2018). “Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Berkepribadian Introvert dan Ekstrovert Pada Kelas X MIPA SMAN 2 Padang”. Skripsi Pendidikan Matematika. Universitas Bung Hatta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-08